Laman



Sabtu, 22 Januari 2011

10 Tips Untuk Hindari Kanker


Banyak orang berpikir kanker merupakan penyakit mematikan yang tidak dapat dihindari. Menurut American Cancer Society, kanker dapat dihindari dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Berikut ini adalah 10 tips untuk menghindari penyakit kanker:

1. Jangan merokok ataupun menggunakan berbagai produk tembakau lainnya. Apabila Anda pernah mencoba untuk berhenti, janganlah menyerah! Suatu saat pasti usaha Anda akan memberikan hasilnya.

2. Lakukan pemeriksaan rutin untuk penyakit kanker. Kolon, payudara, prostat, rahim, dan kulit harus rutin diperiksa. Tanyakan kepada dokter Anda di usia berapa sebaiknya Anda memulai pemeriksaan tersebut dan dengan interval berapa lama. Dengan mengetahui penyakit kanker sedini mungkin, akan meningkatkan kemungkinan untuk sembuh dan kematian akibat kanker pun dapat dihindari.

3. Batasi konsumsi alkohol. Hal ini berarti tidak boleh mengkonsumsi alkohol lebih dari 2 minuman sehari untuk laki-laki, dan 1 minuman untuk wanita.

4. Lindungi kulit Anda dari sinar matahari. Gunakan lotion pelindung dari sinar matahari alias sunblock setiap Anda berada di luar ruangan (terutama lotion yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi). Gunakan pula topi yang lebar maupun kacamata gelap.

5. Lakukan aktivitas fisik setiap hari. Anda tidak perlu menjadi atlit untuk mendapatkan manfaat olahraga. Jalan cepat, bersepeda, ataupun berdansa yang dapat meningkatkan denyut jantung dan membuat Anda berkeringat sudah dapat memberikan manfaat ini.

6. Jaga berat badan. Jaga indeks massa tubuh Anda agar tidak lebih dari 25. Anda dapat menghitung indeks massa tubuh dengan menggunakan kalkulator indeks massa tubuh online. Cari di Google dengan kata kunci 'body mass index'.

7. Hindari penggunaan terapi hormon menopause. Bila Anda benar-benar perlu menggunakannya, batasi penggunaannya agar kurang dari 5 tahun.

8. Pertimbangkan untuk menggunakan obat anti kanker setelah mendapatkan anjuran ini dari dokter Anda. Anda beberapa obat yang memang efektif untuk mengurangi risiko kanker.

9. Hindari paparan berlebihan terhadap substansi penyebab kanker, seperti radiasi sinar X, dan beberapa bahan kimia.

10. Makan makanan yang dapat menurunkan risiko kanker. Menurut para ahli, makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dapat mengurangi risiko kanker, terutama kanker kolon. Hindari konsumsi daging merah lebih dari 4 ons sehari (daging seukuran 1 pak kartu), hindari daging yang diproses seperti sosis, konsumsi sayur dan buah yang berserat setiap hari minimal 5 porsi, kurangi konsumsi minuman bergula, jus, dessert, permen dan sebagainya.


Live Science: 10 Tips for Avoiding Cancer


Sumber : http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2010/11/10-tips-untuk-hindari-kanker.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar