Laman



Sabtu, 22 Januari 2011

Makin Sering Jalan Kaki, Makin Rendah Risiko Diabetes


Begitu banyak manfaat dari berjalan kaki bagi kesehatan. Salah satunya seperti yang dikatakan oleh para peneliti dari Australia. Mereka mengatakan bahwa semakin sering Anda berjalan kaki, maka semakin rendah pula risiko Anda mengidap diabetes.

Ilmuwan Australia mengikuti 592 orang usia paruh baya untuk memetakan tingkat diabetes di Australia antara tahun 2000-2005.

Partisipan mengikuti pemeriksaan kesehatan di awal penelitian dan memberikan detail mengenai pola makan dan gaya hidup mereka. Lalu semua partisipan diberikan pedometer untuk menghitung banyaknya langkah yang mereka lakukan sehari-hari.

Setelah diikuti selama 5 tahun, diketahuilah bahwa banyaknya langkah yang dilakukan berhubungan erat dengan body mass index yang lebih rendah serta rasio pinggang dan pinggul yang lebih kecil.

Peneliti juga telah memperhitungkan bahwa seseorang yang mengubah gaya hidupnya dengan berjalan 10.000 langkah sehari akan dapat memperoleh perbaikan sensitivitas insulin sebesar 3x lipat dibandingkan dengan yang berjalan 3.000 langkah sehari, 5 hari seminggu.

10.000 langkah sehari merupakan panduan kesehatan yang populer, namun ada rekomendasi terbaru yang menganjurkan 3.000 langkah per hari, 5 hari seminggu. Tampaknya panduan yang populer tersebut masih tetap yang terbaik.


Health Day: The More You Walk, The Lower Your Diabetes Risk


Sumber : http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2011/01/makin-sering-jalan-kaki-makin-rendah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar