Laman



Sabtu, 22 Januari 2011

Jalan Kaki Ke Sekolah Bikin Pintar?


Sebuah penelitian baru terhadap remaja yang tinggal di kota-kota Spanyol menyatakan bahwa anak perempuan yang berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah ternyata lebih mampu menyelesaikan ujian verbal dan matematika dengan lebih baik dibandingkan dengan mereka yang naik kendaraan. Bagaimana dengan anak laki-laki?

Sayangnya hal ini tidak berlaku bagi anak laki-laki. Baik anak laki-laki yang berjalan kaki maupun yang naik kendaraan, tidak terlalu tampak perbedaan yang berarti dalam masalah kecerdasan ini.

Pada anak perempuan sendiri, mereka yang menempuh perjalanan lebih lama ke sekolah dengan berjalan kaki ternyata juga memiliki nilai ujian yang lebih tinggi. Hal ini pun terlepas dari aktivitas olahraga yang mereka lakukan di luar sekolah.

Para ahli mengatakan bahwa otak remaja akan mengalami perubahan yang penting pada struktur dan fungsinya. Dan para ahli meyakini bahwa aktivitas fisik akan memberikan efek positif untuk hal ini. Aktivitas fisik akan meningkatkan aliran darah ke otak dan akan meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan faktor kunci lainnya yang berperan dalam proses belajar.

Selain itu, diduga waktu perjalanan yang lebih lama ke sekolah dibandingkan dengan naik kendaraan akan memberikan kesempatan bagi anak untuk menyiapkan diri secara mental untuk menghadapi harinya. Dan hal ini pun juga tergantung dari kondisi lingkungan tempat anak tersebut berjalan kaki. Berjalan kaki di lingkungan yang padat dan ramai tentunya akan memberikan hasil yang berbeda dengan berjalan kaki di daerah yang tenang.

Namun, peneliti masih belum dapat menjelaskan kenapa hal ini tidak berpengaruh bagi anak laki-laki. Penelitian yang lain terhadap anak Swedia juga menemukan hal yang sama. Menurut mereka, kemungkinan hal ini dikarenakan anak laki-laki memang selalu lebih aktif daripada anak perempuan secara keseluruhan. Sehingga tambahan aktivitas fisik seperti berjalan kaki ke sekolah tidak terlalu memberikan perubahan yang berarti.


MSNBC: Girls Who Walk To School Do Better In Tests

Sumber : http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2010/12/jalan-kaki-ke-sekolah-bikin-pintar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar