Laman



Sabtu, 22 Januari 2011

Jalan Lebih Cepat, Umur Lebih Panjang


Sekarang memprediksi harapan hidup seseorang dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana. Peneliti menemukan bahwa kecepatan seseorang ketika berjalan dapat menjadi alat prediksi untuk memperkirakan tingkat harapan hidup seseorang.

Menurut peneliti, orang yang memiliki kecepatan berjalan konsisten sebesar 1 meter per detik ataupun lebih cepat dikatakan memiliki harapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain yang kecepatan berjalannya lebih lambat dengan umur dan jenis kelamin yang sama.

Namun, bukan berarti penelitian ini menganjurkan orang supaya berjalan lebih cepat agar memiliki umur lebih panjang. Sang peneliti, mengatakan bahwa tubuh Anda akan menentukan sendiri kecepatan berjalan yang terbaik untuk Anda. Dan kecepatan inilah yang bisa dijadikan salah satu indikator kesehatan Anda.

Dan tentunya, bukan hanya kecepatan berjalan Anda saja yang menjadi indikator kesehatan, masalah kesehatan yang ada pada diri Anda juga perlu diperhatikan.

Dalam penelitian ini ditemukan pula bahwa tingkat keakuratan dari indikator ini semakin tinggi pada orang-orang yang berusia di atas 75 tahun. Dinyatakan pula bahwa kecepatan berjalan juga dapat dijadikan semacam tanda vital, sama seperti tekanan darah ataupun denyut jantung.

Cara kita berjalan dan seberapa cepat kita berjalan dipengaruhi oleh energi yang kita miliki, kendali gerak tubuh, dan koordinasi. Semua ini membutuhkan fungsi-fungsi yang baik dari sistem tubuh meliputi kardiovaskular, saraf dan sistem mukoskeletal.

Hasil penelitian ini akan dipublikasikan 5 Januari ini di Journal of the American Medical Association.


MSNBC: Walk Faster And you Just Might Live Longer

Sumber : http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2011/01/jalan-lebih-cepat-umur-lebih-panjang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar